Pembukaan Pendaftaran S2 & S3 Pascasarjana UNS

Diberitahukan kepada alumni dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FKIP UNS bahwa berdasarkan website www.spmb.uns.ac.id telah dibuka pendaftaran S2 dan S3 Pascasarjana UNS

Pascasarjana Universitas Sebelas Maret (UNS) menyelenggarakan program pendidikan tinggi lanjutan di atas pendidikan program sarjana, dimulai tahun 1986.  Setelah berkembangnya beberapa Program Studi maka berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional No. 414/DIKTI/Kep./1999, Pascasarjana UNS secara mandiri menyelenggarakan Pascasarjana mulai tahun 1998.

Tujuan Pascasarjana UNS adalah untuk menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan, keahlian, dan kemampuan akademik yang dapat digunakan untuk menjadi tenaga pengajar, perencana, pengembang, dan peneliti  di instansi  terkait, serta menghasilkan temuan-temuan penelitian yang berorientasi pada pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, tidak hanya bagi calon mahasiswa dari dalam negeri tetapi juga untuk mahasiswa luar negeri.

Pascasarjana UNS membuka 46 program studi Magister (S-2) dan 19 prodi Program Doktor (S-3).

Beban studi bervariasi menurut program studi masing-masing, yaitu ± 36 – 42 SKS untuk Magister/S-2 dan ± 42 – 55 SKS untuk Doktor/S-3.

Studi dirancang agar dapat diselesaikan dalam waktu 4 semester untuk Magister dan minimal 6 semester untuk Doktor. Mata kuliah teori diberikan ± 32 SKS untuk Magister dan ± 12 SKS untuk Doktor; dan sisanya dipergunakan untuk penyusunan tesis atau disertasi. Beberapa Program Studi menyelenggarakan matrikulasi pada awal masa perkuliahan.

Ujian masuk Pascasarjana dilakukan dalam 2 (dua) Periode:

  1. Periode I untuk Program Studi dengan awal perkuliahan bulan September (Semester Ganjil), dan
  2. Periode II untuk Program Studi dengan awal perkuliahan bulan Pebruari (Semester Genap).

Syarat Pendaftaran :

  1. Calon mahasiswa mengisi formulir pendaftaran melalui internet pada laman https://spmb.uns.ac.id klik menu “Pendaftaran”:
    a. Calon akan mendapatkan Nomor Pendaftaran SPMB Pascasarjana UNS.
    b. Calon mencetak Tagihan Pembayaran.
  2. Calon mahasiswa membayar biaya pendaftaran*) sebesar:
    a. Rp 400.000,- untuk Magister dan
    b. Rp 600.000,- untuk Doktor (khusus untuk Program Doktor Ilmu Ekonomi ditambah Rp 200.000,- untuk biaya Tes Pengetahuan Dasar),
    di seluruh Kantor Cabang Bank Mandiri, BTN, BNI, atau Bank Jateng dengan menuliskan Nama dan Nomor Pendaftaran Program S-2 atau S-3 pada Slip Pembayaran dan akan mendapatkan kode akses yang tertera pada Slip Pembayaran.
    Keterangan:
    *) Biaya yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali
  3. Calon mahasiswa mengunggah dokumen persyaratan berikut, pada laman https://spmb.uns.ac.id dengan terlebih dahulu login menggunakan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses:
    a. Ijasah dan transkrip akademik S-1 bagi pendaftar Program Magister atau Ijasah dan transkrip akademik S-1 dan S-2 bagi pendaftar Program Doktor.
    b. Surat rekomendasi dari pihak yang mengetahui kemampuan akademik calon, sedapat mungkin Pembimbing Akademik (PA) atau dosen pembimbing skripsi.
    c. Daftar riwayat hidup (curriculum vitae), mencakup data diri, riwayat pendidikan, pekerjaan, dan karya ilmiah (jika ada).
    d. Surat ijin belajar tertulis dari  instansi  tempat bekerja  (bagi  yang sudah bekerja).
    e. Surat keterangan sehat dari dokter.
    f. Surat keterangan jaminan sanggup membiayai studinya sampai selesai baik dari diri sendiri maupun dari instansi tempat kerja atau sponsor.
    g. Sertifikat nilai TPA BAPPENAS asli (Bila ada). Tes TPA BAPPENAS dapat dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia, Jadwal test TPA BAPPENAS dapat dilihat pada laman https://koperasi.bappenas.go.id/jadwal-tpa/.
    h. Sertifikat nilai Bahasa Inggris asli (bila ada).Sertifikat yang diakui UNS adalah TOEFL ITP/TOEFL Internasional, atau yang dikeluarkan oleh UP2B UNS. Kewajiban untuk mengikuti kursus dalam masa studi akan ditentukan dengan melihat score nilai ini.
  4. Setelah Panitia melakukan verifikasi data, Calon mencetak Kartu Tanda Peserta melalui internet pada laman https://spmb.uns.ac.id dengan menggunakan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses apabila sudah data sudah diverifikasi oleh panitia.
  5. Mengikuti tes masuk sesuai jadwal yang telah ditetapkan panitia (kecuali yang telah memenuhi syarat dalam point 3.g dan 3h).

Informasi Jadwal Pendaftaran :

KegiatanJadwal
Pendaftaran OnlinePeriode I: 29 Maret – 24 April 2021Periode II: 8 September – 8 Oktober 2021
Pembayaran Biaya PendaftaranPeriode I: 29 Maret – 24 April 2021Periode II: 8 September – 8 Oktober 2021
Cetak Kartu PesertaPeriode I: 29 Maret – 24 April 2021Periode II: 8 September – 8 Oktober 2021
Upload Dokumen/BerkasPeriode I: 29 Maret – 24 April 2021Periode II: 8 September – 8 Oktober 2021
Verifikasi Dokumen/BerkasPeriode I: 29 Maret – 24 April 2021Periode II: 8 September – 8 Oktober 2021
UjianPeriode I: Latihan Ujian Online 27 Mei 2021 dan Ujian Online 29 Mei 2021Periode II: Latihan Ujian Online 21 Oktober 2021 dan Ujian Online 23 Oktober 2021
Ujian Khusus/Keterampilan/WawancaraPeriode I: 28 Mei 2021Periode II: 22 Oktober 2021
Pengumuman Hasil SeleksiPeriode I: 4 Juni 2021Periode II: 29 Oktober 2021
Informasi biaya pendidikan

Calon peserta yang lulus seleksi dan diterima di Program Magister UNS diwajibkan membayar:

  1. Sumbangan Pengembangan Intitusi (SPI) .
  2. Uang Kuliah Tunggal (UKT).
  3. Biaya Matrikulasi, untuk peserta yang program studinya tidak linier

Keterangan: Nominal SPI, UKT, dan Biaya Matrikulasi Program Magister UNS

Untuk lebih lengkapnya bisa dilihat pada website :

https://spmb.uns.ac.id/jalur-masuk/jenjang?jenjang=s2-s3

Demikian informasi ini disampaikan, semoga bermanfaat dan sukses selalu, terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *