Kusnul Khotimah : Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Fisika FKIP UNS Meraih Juara 1 virtual speech pada ajang nasional Virtual Speech Contest (VISCO) 2021

Kusnul Khotimah : Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil meraih prestasi juara 1 virtual speech pada ajang nasional Virtual Speech Contest (VISCO) 2021.

Kusnul Khotimah, mahasiswa prodi Pendidikan Fisika angkatan 2020 ini mengusulkan gagasan dengan tajuk “Digitalisasi Zakat untuk Indonesia yang Lebih Hebat”. Dengan karya tersebut, ia berhasil meraih juara pada perlombaan yang mengusung tema “Transformasi Digital dalam Bingkai Optimalisasi Peran ZISWAF (Zakat, Infaq, Sadaqah, dan Wakaf) di Masa Depan”.

Kusnul menyampaikan teknis perlombaan yang ia jalani hingga memperoleh juara 1 secara detail kepada tim fkip.uns.ac.id pada 24 Desember 2021.

“Melakukan pendaftaran, setelah itu membuat gagasan dan script untuk video yang akan disampaikan, lalu take video. Nah kemudian, video diunggah di youtube untuk menentukan finalis 10 besar. Alhamdulillah saya masuk final dan selanjutnya melakukan virtual speech sesi final di ruangan google meet. Kemudian, ada sesi tanya jawab hingga akhirnya diumumkan sebagai pemenang,” jelas Kusnul.

Selain itu, Kusnul juga memaparkan alasan pemilihan idenya. Menurutnya, era pandemi Covid-19 memberikan dampak cukup luas pada kehidupan manusia. Baik bidang industri, ekonomi, maupun filantropi. Sejumlah lembaga harus segera menyesuaikan diri bahkan mengambil langkah efisien demi bisa bertahan dan terus melayani muzakki dan mustahik mereka. Tetapi hal tersebut tidak menjadi penghalang bagi umat muslim untuk tetap berzakat. Di era digital dan pandemi ini, perlu membumikan digitalisasi zakat dan mengenalkannya kepada masyarakat Indonesia, khususnya umat muslim yang nantinya dapat mengangkat perekonomian Indonesia.

Gagasan tersebut diusulkan dengan tujuan-tujuan tertentu dari Kusnul, yakni membumikan digitalisasi zakat di Indonesia, memberikan edukasi kepada umat muslim agar menjalankan kewajibannya yaitu berzakat sehingga manfaat zakat bisa didapat oleh bangsa Indonesia.

Dengan tujuan tersebut, Kusnul berharap gagasannya mampu memberikan manfaat dalam peningkatan pendapatan zakat Indonesia dan ekonomi Indonesia yang lebih baik.

Di akhir, Kusnul menyampaikan harapan untuk ke depannya.

“Semoga dengan adanya lomba virtual speech contest ini, bisa membawa manfaat untuk saya dan almamater UNS tercinta yang nantinya bisa membawa manfaat untuk masyarakat umum,” pungkas Kusnul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *