Get Adobe Flash player

Prodi Fisika menyediakan sarana dan prasarana pembelajaran yang dapat diakses serta dimanfaatkan untuk mendukung interaksi akademik antara mahasiswa dan dosen dalam kegiatan-kegiatan pembelajaran. Sarana dan prasarana tersebut adalah :

1. Laboratorium Pendidikan Fisika

Laboratorium Komputer prodi Fisika memiliki 15 unit komputer, 4 komputer di antaranya dapat digunakan untuk acces internet. Laboratorium Komputer di prodi Fisika merupakan unit yang menyediakan sarana pembelajaran berbasis teknologi informasi. Lab komputer juga merupakan tempat mahasiswa mengerjakan tugas-tugas perkuliahan pengembangan e-learning. Untuk perkuliahan dengan mata kuliah berbasis komputer, prodi Fisika menggunakan laboratorium komputer FKIP.

2. Laboratorium Program Studi

Dalam rangka pelaksanaan kurikulum berbasis kompetensi yang menekankan pada pencapaian kemampuan mahasiswa khususnya kompetensi ketrampilan melakukan praktikum, maka Prodi Fisika menyediakan laboratorium yang sesuai dengan mata kuliahnya. Laboratorium yang terdapat di prodi pendidikan Fisika yaitu : laboratorium Fisika Dasar, laboratorium Elektronika Dasar, dan laboratorium Optik (ruang gelap). Laboratorium di prodi Fisika merupakan tempat mahasiswa melakukan kegiatan inquiri, sehingga mahasiswa lebih memahami konsep-konsep teori yang diberikan dosen. Prodi Fisika juga menjalin kerjasama dengan Lab. pusat MIPA UNS untuk praktikum mahasiswa pada mata kuliah tertentu.

3. Ruang Baca prodi pendidikan Fisika

Prodi pendidikan Fisika memiliki koleksi buku-buku dan jurnal yang disimpan di ruang baca. Mahasiswa dapat mencari informasi tentang fisika dan pembelajaran fisika yang dibutuhkan melalui buku referensi dan  jurnal ilmiah. Ruang baca dikelola oleh seorang dosen yang ditunjuk oleh pimpinan prodi.

Ruang baca prodi Fisika mempunyai ukuran  3 m X 5 m = 15 m2. Koleksi buku di ruang baca prodi pendidikan Fisika terdiri dari 305 judul dengan jumlah 357 exemplar. Rata-rata jumlah pengunjung ruang baca fisika 5 mahasiswa per hari. Sedangkan dosen yang mengunjungi ruang baca rata-rata 2 dosen per hari.

4. Ruang Dosen.

Terdapat 4 ruang dosen di prodi Fisika yaitu R 5202, R 5215, R 5216 mempunyai luas 3 m X 7 m = 21 m2 dan R. 5302 mempunyai luas 7 m X 7 m = 49 m2. Berdasarkan data ini rata-rata tiap dosen menempati ruang seluas 5,33 m2 per dosen.

5. Bengkel Kerja

Bengkel kerja di prodi Fisika digunakan oleh civitas akademika untuk membuat alat atau media yang menunjang pembelajaran. Mahasiswa juga dapat menggunakan bengkel kerja fisika untuk mengerjakan tugas akhir yang berupa Laboratorium Fisika II. Bengkel kerja fisika menyediakan alat-alat antara lain berupa bor manual, gerinda, gergaji, palu, material : triplek, plat aluminium, plat tembaga, dan besi siku. Bengkel kerja fisika mempunyai luas yaitu 3 m x 7 m = 21 m2. Bengkel ini digunakan rata-rata 2 jam per minggu. 

6. Laboratorium IPBA (Ilmu Pengetahuan Bumi Antariksa)

Laboratorium IPBA dalam proses perancangan.  Nantinya laboratorium IPBA akan menyediakan fasilitas pembelajaran tentang Bumi dan antariksa.

Alamat :

Gedung D Lt.3 FKIP UNS Jl.Ir.Sutami No.36A. Surakarta 

Kode Pos 57126. Telp./Fax. : (0271) 648939, 669124

E-mail : pendidikanfisika01@yahoo.com


    

Media Sosial Pendidikan Fisika

Copyright © 2013. Pendidikan Fisika. All Rights Reserved.