Get Adobe Flash player

Tabel Profil Lulusan dan Deskripsi

Profil Lulusan Deskripsi Profil Lulusan
1. Calon Guru Fisika 1.   Merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran fisika di sekolah menengah (SMA/MA/SMK)

2.   Mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, dan menilai peserta didik pada mata pelajaran fisika di sekolah menengah

3.   Memanfaatkan berbagai sumber belajar berbasis ilmu pengetahuan, teknologi yang kontekstual  dan lingkungan sekitar untuk pembelajaran fisika

4.   Mengembangkan media pembelajaran fisika berbasis lingkungan sekitar, teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang kontekstual.

5.   Mengembangkan kemampuan berfikir dan bersikap ilmiah sesuai dengan karakteristik fisika dan karakteristik siswa pada  pembelajaran kurikuler, kokurikuler dan ekstra kurikuler

6.   Mengkaji dan menerapkan berbagai metode pembelajaran fisika yang inovatif dan telah teruji

7.   Melakukan penelitian pendidikan fisika dalam bentuk pengkajian dan evaluasi pembelajaran fisika

2. Asisten Peneliti 1.   Membantu kegiatan penelitian fisika dan pendidikan fisika

2.   Mengimplementasikan metode-metode penelitian dalam penelitian pendidikan fisika

3.   Melakukan penelitian pendidikan fisika dalam bentuk pengkajian dan evaluasi pembelajaran fisika dengan pendekatan kuantitatif dan/atau kualitatif untuk memecahkan permasalahan

4.   Mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi

3. Pengelola Pendidikan 1.   Mengelola pendidikan di lembaga formal maupun informal.

2.   Memelihara dan mengembangkan jejaring kerja secara kolaboratif

3.   Merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran

4.   Mengelola sumberdaya dan aktivitas pada suatu lembaga

5.   Mengambil keputusan strategis berdasarkan kajian terhadap masalah mutu, relevansi dan akses

6.   menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi

7.   Menunjukkan kinerja mandiri, melakukan pengaturan diri (self regulation), bermutu, dan terukur

4. Wirausahawan 1.   Mampu berwirausaha terkait bidang fisika.

2.   Mengelola sumberdaya dan aktivitas yang dimiliki oleh suatu lembaga

3.   Mengambil keputusan strategis berdasarkan kajian terhadap masalah mutu, relevansi dan akses

4.   Memelihara dan mengembangkan jejaring kerja secara kolaboratif

5.   Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi

6.   Menunjukkan kinerja mandiri, melakukan pengaturan diri (self regulation), bermutu, dan terukur

5. Pebelajar 1.   Menguasai konsep fisika berdasarkan fenomena alam yang mendukung pendidikan lanjut ke jenjang magister

2.   Mampu menemukan cara belajar yang tepat sesuai dengan sikap dan persepsinya terhadap belajar

3.   Menunjukkan kinerja mandiri, melakukan pengaturan diri (self regulation), bermutu, dan terukur

 

 

 

Tabel Profil Lulusan dan Capaian Pembelajaran Lulusan

Lulusan Capaian Pembelajaran Lulusan
Pengetahuan Keterampilan Khusus
1. Calon Guru Fisika

 

a.   Menguasai konsep dasar kependidikan yang mencakup perkembangan peserta didik, teori-teori belajar, hakikat sains dan pola pikir ilmiah;

b.   Menguasai metode pembelajaran inovatif yang berorientasi kecakapan personal, sosial dan akademik (life skill) pada pembelajaran fisika ;

c.    Menguasai standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses dan standar penilaian untuk pendidikan fisika di sekolah menengah;

d.   Menguasai prinsip-prinsip penilaian dalam pembelajaran fisika untuk menganalisis kesulitan dan keberhasilan belajar siswa (melalui diagnosis, formatif, dan sumatif) serta memanfaatkan hasilnya untuk merancang pembelajaran Fisika sesuai karakteristik siswa;

e.   Menguasai prinsip-prinsip pengembangan media pembelajaran fisika berbasis ilmu pengetahuan, teknologi yang kontekstual, khususnya TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi), dan lingkungan sekitar;

f.     Menguasai matematika, komputasi, dan instrumentasi untuk mendukung pemahaman konsep fisika;

g.   Menguasai pengelolaan sumber daya pada penyelenggaraan kelas, laboratorium fisika dan lembaga pendidikan;

h.   Menguasai konsep fisika, pola pikir keilmuan fisika berdasarkan fenomena alam yang mendukung  pembelajaran fisika di sekolah;

 

a)   Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran fisika berbasis aktivitas belajar untuk mengembangkan kemampuan berfikir sesuai dengan karakteristik materi fisika, dan sikap ilmiah sesuai dengan karakteristik siswa pada  pembelajaran kurikuler, kokurikuler dan ekstra kurikuler  dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar berbasis ilmu pengetahuan, teknologi yang kontekstual  dan lingkungan sekitar;

b)   Mampu mengkaji dan menerapkan berbagai metode pembelajaran inovatif yang telah teruji;

c)   Mampu membimbing dan mengarahkan siswa dengan cara memberi pijakan, tanya jawab, memberikan alternatif solusi, dan umpan balik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan;

d)   Mampu melakukan penelitian pendidikan fisika dalam bentuk pengkajian dan evaluasi pembelajaran fisika dengan pendekatan kuantitatif dan/atau kualitatif untuk memecahkan permasalahan pembelajaran fisika dan dilaporkan dalam bentuk artikel ilmiah;

e)   Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan kajian terhadap masalah mutu, relevansi dan akses dalam penyelenggaraan kelas, laboratorium fisika yang menjadi tanggung jawabnya.

f)    Mampu mengelola sumberdaya dan aktivitas yang mencakup penyelenggaraan kelas, laboratorium fisika secara komprehensif.

2. Asisten Peneliti a)   Menguasai metode penelitian pendidikan fisika;

b)   Menguasai matematika, komputasi, dan instrumentasi untuk mendukung penelitian;

 

a)   Mampu melakukan penelitian pendidikan fisika dalam bentuk pengkajian dan evaluasi pembelajaran fisika dengan pendekatan kuantitatif dan/atau kualitatif untuk memecahkan permasalahan pembelajaran fisika dan dilaporkan dalam bentuk artikel ilmiah;

b)   Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi

3. Pengelola Pendidikan a)   Menguasai manajemen berbasis sekolah

b)   Menguasai konsep dasar kependidikan yang mencakup perkembangan peserta didik, teori-teori belajar, hakikat sains dan pola pikir ilmiah;

c)   Menguasai metode pembelajaran inovatif yang berorientasi kecakapan personal, sosial dan akademik (life skill);

d)   Menguasai delapan standar pendidikan;

e)   Menguasai prinsip-prinsip penilaian dalam pembelajaran fisika untuk menganalisis kesulitan dan keberhasilan belajar siswa (melalui diagnosis, formatif, dan sumatif) serta memanfaatkan hasilnya untuk merancang pembelajaran Fisika sesuai karakteristik siswa;

f)    Menguasai pengelolaan sumber daya pada lembaga pendidikan;

 

a)   Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran fisika berbasis aktivitas belajar untuk mengembangkan kemampuan berfikir sesuai dengan karakteristik materi fisika, dan sikap ilmiah sesuai dengan karakteristik siswa pada  pembelajaran kurikuler, kokurikuler dan ekstra kurikuler  dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar berbasis ilmu pengetahuan, teknologi yang kontekstual  dan lingkungan sekitar;

b)   Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan kajian terhadap masalah mutu, relevansi dan akses di bidang pendidikan dalam penyelenggaraan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya.

c)   Mampu mengelola sumberdaya dan aktivitas di lembaga pendidikan secara komprehensif.

d)   menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi

e)   Menunjukkan kinerja mandiri, melakukan pengaturan diri (self regulation), bermutu, dan terukur

4. Wirausahawan a)   Menguasai prinsip-prinsip kewirausahaan

 

 

 

a)   Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan kajian terhadap masalah mutu, relevansi dan akses di lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya.

b)   Mampu mengelola sumberdaya dan aktivitas di lembaga pendidikan secara komprehensif.

c)   menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi

d)   Menunjukkan kinerja mandiri, melakukan pengaturan diri (self regulation), bermutu, dan terukur

e)   Memelihara dan mengembangkan jejaring kerja secara kolaboratif

5. Pebelajar a)   Menguasai konsep dasar kependidikan yang mencakup perkembangan peserta didik, teori-teori belajar, hakikat sains dan pola pikir ilmiah;

b)   Menguasai metode pembelajaran inovatif yang berorientasi kecakapan personal, sosial dan akademik (life skill) pada pembelajaran fisika ;

c)   Menguasai standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses dan standar penilaian untuk pendidikan fisika di sekolah menengah;

d)   Menguasai metode penelitian pendidikan fisika;

e)   Menguasai konsep fisika, pola pikir keilmuan fisika berdasarkan fenomena alam yang mendukung  pembelajaran fisika di sekolah;

f)    Menguasai konsep fisika berdasarkan fenomena alam yang mendukung pendidikan lanjut ke jenjang magister.

a)   Mampu mengkaji dan menerapkan berbagai metode pembelajaran inovatif yang telah teruji

b)   Mampu melakukan penelitian pendidikan fisika dalam bentuk pengkajian dan evaluasi pembelajaran fisika dengan pendekatan kuantitatif dan/atau kualitatif untuk memecahkan permasalahan pembelajaran fisika dan dilaporkan dalam bentuk artikel ilmiah

c)   Mampu menemukan cara belajar yang tepat sesuai dengan sikap dan persepsinya terhadap belajar

d)   Menunjukkan kinerja mandiri, melakukan pengaturan diri (self regulation), bermutu, dan terukur

 

Rumusan Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi Fisika

Bila dilihat dari Profil lulusan tersebut, maka disusunlah capaian pembelajaran. Capaian pembelajaran sikap dan keterampilan umum menggunakan dasar Lampiran Permenristekfikti No 44 tahun 2015, Sedangkan keterampilan khusus dan Pengetahuan menggunakan penggabungan Rumusan CP dari MIPANET dan CP dari Keguruan serta karakteristik prodi.

CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA

SARJANA PENDIDIKAN, MAGISTER PENDIDIKAN DAN DOKTOR PENDIDIKAN SIKAP

a.   Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.

b.   Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.

c.   Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.

d.   Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.

e.   Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinil orang lain.

f.    Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan bernegara.

g.   Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

h.   Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.

i.     Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri

j.    Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

 

 

S1 S2 S3
PENGUASAAN PENGETAHUAN
i.     Menguasai konsep dasar kependidikan yang mencakup perkembangan peserta didik, teori-teori belajar, hakikat sains dan pola pikir ilmiah;

j.     Menguasai metode pembelajaran inovatif yang berorientasi kecakapan personal, sosial dan akademik (life skill) pada pembelajaran fisika ;

k.    Menguasai standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses dan standar penilaian untuk pendidikan fisika di sekolah menengah;

l.     Menguasai prinsip-prinsip penilaian dalam pembelajaran fisika untuk menganalisis kesulitan dan keberhasilan belajar siswa (melalui diagnosis, formatif, dan sumatif) serta memanfaatkan hasilnya untuk merancang pembelajaran Fisika sesuai karakteristik siswa;

m.  Menguasai prinsip-prinsip pengembangan media pembelajaran fisika berbasis ilmu pengetahuan, teknologi yang kontekstual, khususnya TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi), dan lingkungan sekitar;

n.   Menguasai metode penelitian pendidikan fisika;

o.   Menguasai pengelolaan sumber daya pada penyelenggaraan kelas, laboratorium fisika dan lembaga pendidikan;

p.   Menguasai matematika, komputasi, dan instrumentasi untuk mendukung pemahaman konsep fisika;

q.   Menguasai konsep fisika, pola pikir keilmuan fisika berdasarkan fenomena alam yang mendukung  pembelajaran fisika di sekolah;

r.    Menguasai konsep fisika berdasarkan fenomena alam yang mendukung pendidikan lanjut ke jenjang magister.

a.   Memahami konsep – konsep dan prinsip – prinsip fisika  klasik dan kuantum tingkat lanjut (Advance physics).

b.   Memahami konsep – konsep dan prinsip fisika yang dapat diaplikasikan dalam pengembangan teknologi.

c.    Menguasai konsep dan prinsip fisika klasik dan kuantum.

d.   Memahami jalinan fungsional konsep fisika dengan perkembangan teknologi yang berdasarkan fisika dan penerapannya.

e.   Memahami pengembangan pedagogi dan desain instruksional yang efektif untuk pembelajaran fisika

 

a.   Menguasai teori fisika lanjut (Advance Physics) dengan pendekatan klasik dan kuantum.

b.   Menguasai filosofi pendidikan fisika, perkembangan keilmuan fisika spesifik terkini (State of the art)

c.    Memahami perkembangan pendidikan fisika terkini

KETERAMPILAN KHUSUS
a.   Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran fisika berbasis aktivitas belajar untuk mengembangkan kemampuan berfikir sesuai dengan karakteristik materi fisika, dan sikap ilmiah sesuai dengan karakteristik siswa pada  pembelajaran kurikuler, kokurikuler dan ekstra kurikuler  dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar berbasis ilmu pengetahuan, teknologi yang kontekstual  dan lingkungan sekitar;

b.   Mampu mengkaji dan menerapkan berbagai metode pembelajaran inovatif yang telah teruji;

c.    Mampu membimbing dan mengarahkan siswa dengan cara memberi pijakan, tanya jawab, memberikan alternatif solusi, dan umpan balik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan;

d.   Mampu melakukan penelitian pendidikan fisika dalam bentuk pengkajian dan evaluasi pembelajaran fisika dengan pendekatan kuantitatif dan/atau kualitatif untuk memecahkan permasalahan pembelajaran fisika dan dilaporkan dalam bentuk artikel ilmiah;

e.   Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan kajian terhadap masalah mutu, relevansi dan akses di bidang pendidikan dalam penyelenggaraan kelas, laboratorium fisika dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya.

f.     Mampu mengelola sumberdaya dan aktivitas yang mencakup penyelenggaraan kelas, laboratorium fisika dan lembaga pendidikan secara komprehensif.

a.   Mampu memecahkan masalah terkait pembelajaran fisika melalui analisis dan sintesis menggunakan hasil penelitian pendidikan fisika.

b.   Mampu mengembangkan secara ilmiah multimodel, multimetode, dan atau multimedia efektif dan inovatif untuk diterapkan dalam pembelajaran fisika.

c.   Mampu melakukan perluasan keilmuan pendidikan fisika dengan menghasilkan model atau metode pembelajaran fisika yang efektif dan inovatif, serta mempublikasikannya dalam forum dan atau jurnal ilmiah pada tingkat nasional dan atau internasional.

 

 

 

a.   Mampu menghasilkan karya ilmiah inovatif, original, dan teruji terkait dengan pendidikan fisika melalui penelitian (dengan pendekatan intregated physics).

b.   Melakukan pembaharuan teknologi pembelajaran fisika untuk memecahkan masalah pendidikan fisika

KETERAMPILAN UMUM
a.   Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang pendidikan fisika;

b.   Mampu menunjukkan kinerja mandiri, melakukan pengaturan diri (self regulation), bermutu, dan terukur;

c.    Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang pendidikan fisika berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, dan desain;

d.   Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;

e.   Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang pendidikan fisika, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

f.     Mampu memelihara dan mengembangkan jejaring kerja secara kolaboratif dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;

g.   Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;

h.   Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;

i.     Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

j.     Mampu menemukan cara belajar yang tepat sesuai dengan sikap dan persepsinya terhadap belajar

 

a.   Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi atau seni sesuai dengan bidang keahlianyya mellaui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni serta menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajiannya berdasarkan kaidah, tatacara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis.

b.   Menyusun dan mengomunikasikan ide, hasil pemikiran dan argument saintifik secara bertanggungjawab dan didasarkan pada etika akademik, melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas.

c.    Mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi atau seni berdasarkan kajian analisis atau eksperimentasi terhadap informasi dan data.

d.   Mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian untuk menjamin kesahihan dan menghindarkan plagiasi.

e.   Meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri.

f.     Mengelola, mengembangakan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega.

g.   Mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam satu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan inter atau multi disiplin.

a.   Menemukan atau mengembangakn teori/ konsepsi/ gagasan ilmiah, dan memberikan kontribusi pada pengembangan serta pengamalan ilmu pengetahuan dan/ taua teknologi di bidang keahliannya penelitian ilmiah bersarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis, dann kreatif.

b.   Menyusun disertasi hasil penelitian inter, multi atau transdisipliner yang telah dilakukan termasuk kajian teoritis dan/ atau eksperimental dalam bidang keilmuan, teknologi, seni serta inovasi yang dihasilkan.

c.    Mempublikasikan hasil penelitiann di bidangf keilmuannya pada jurnal ilmiah yang terakreditasi dan berjuri, kecuali ada batasan khusus dari pemberi hibah penelitian yang mewajibkan pengamanan data dan hasil penelitian Karen atingkat kerahasiaan yang tinggi.

d.   Memilih penelitian yang tepat guna, terkini dan termaju dan memberikan kemaslahatan pada umat manusia melalui pndekatan inter, multi,m atau transdisipliner, untuk mengembankan dan/ atau menghasilkan penyelesaian masalah di  bidang keilmuan, teknologi, seni, atau kemasyarakatan, berdasarkan hasil kajian tentang ketersediaan sumberdaya internal maupun eksternal.

e.   Mengembangkan peta jalan penelitian dengan pendekatan inter, multi atau trabsdisipliner berdasarkan kajian tentang sasaran pokok penelitian serta kontenlasinya dengan sasaran yang lebih luas.

f.     Menyusun dan mengkomunikasikan argument dan solusik keilmuan, teknologi atau seni kepada masyarakat melalui media amasa atau secra langsung kepada masyarakat, berdasarkan pandangan kritis atas fakta, konsep, prinsip, atau teori dan dapat dipertanggungjawabkan secra ilmiah dan etika kademik.

g.   Menunjukkan kepemimpinan akademik dalam pengelolaan, pengembangan dan pembinaan sumberdaya serta oirganisasi yang berada di bawah tanggungjawabnya.

h.   Mengelola, termasuk memyimpan, mengaudit, mengamankan, dan menemukan kembali data dan informasi hasil penelitian yang berda di bawah tanggungjawabnya.

i.     Mengembangkan dan memelihara hubungan kolegial dan kesejawatan di dalam lingkungan sendiri atau melalui jaringan kerjasama dengan komunitas peneliti di luar lembaga.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Capaian Pembelajaran dan Bahan Kajian

Hubungan antara capaian pembelajaran dan bahan kajian disajikan pada tabel berikut.

Tabel Rekapitulasi Turunan Capaian Pembelajaran Lulusan ke Bahan Kajian

Kode (CPL) Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Bahan Kajian
BK1 BK2 BK3 BK4 BK5 BK6 BK7 BK8 BK9
Keilmuan  Fisika Pedagogi Penelitian P.  Fisika Wawasan  Sains Tools: Mat & Bhs Teknologi Etika Moral, SosBud Kewirausahaan Penciri Prodi
SIKAP
S1 Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.                
S2 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.                
S3 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.                
S4 Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa                
S5 Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinil orang lain.                
S6 Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan bernegara                
S7 Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.                
S8 Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.                
S9 Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri                
S10 Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan              
PENGETAHUAN
P1 Menguasai konsep dasar kependidikan yang mencakup perkembang-an peserta didik, teori-teori belajar, hakikat sains dan pola pikir ilmiah;                
P2 Menguasai metode pembelajaran inovatif yang berorientasi kecakapan personal, sosial dan akademik (life skill) pada pembelajaran fisika ;                
P3 Menguasai standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses dan standar penilaian untuk pendidikan fisika di sekolah menengah;                
P4 Menguasai prinsip-prinsip penilaian dalam pembelajaran fisika untuk menganalisis kesulitan dan keberhasilan belajar siswa (melalui diagnosis, formatif, dan sumatif) serta memanfaatkan hasilnya untuk merancang pembelajaran Fisika sesuai karakteristik siswa;                
P5 Menguasai prinsip-prinsip pengembangan media pembelajaran fisika berbasis ilmu pengetahuan, teknologi yang kontekstual, khususnya TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi), dan lingkungan sekitar;              
P6 Menguasai metode penelitian pendidikan fisika;                
P7 Menguasai pengelolaan sumber daya pada penyelenggaraan kelas, laboratorium fisika dan lembaga pendidikan;              
P8 Menguasai matematika, komputasi, dan instrumentasi untuk mendukung pemahaman konsep fisika;                
P9 Menguasai konsep fisika, pola pikir keilmuan fisika berdasarkan fenomena alam yang mendukung  pembelajaran fisika di sekolah;              
P10 Menguasai konsep fisika berdasarkan fenomena alam yang mendukung pendidikan lanjut ke jenjang magister              
P11 Menguasai manajemen berbasis sekolah            
KETRAMPILAN KHUSUS
KK1 Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran fisika berbasis aktivitas belajar untuk mengembangkan kemampuan berfikir sesuai dengan karakteristik materi fisika, dan sikap ilmiah sesuai dengan karakteristik siswa pada  pembelajaran kurikuler, kokurikuler dan ekstra kurikuler  dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar berbasis ilmu pengetahuan, teknologi yang kontekstual  dan lingkungan sekitar;                
KK2 Mampu mengkaji dan menerapkan berbagai metode pembelajaran inovatif yang telah teruji;                
KK3 Mampu membimbing dan mengarahkan siswa dengan cara memberi pijakan, tanya jawab, memberikan alternatif solusi, dan umpan balik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan;                
KK4 Mampu melakukan penelitian pendidikan fisika dalam bentuk pengkajian dan evaluasi pembelajaran fisika dengan pendekatan kuantitatif dan/atau kualitatif untuk memecahkan permasalahan pembelajaran fisika dan dilaporkan dalam bentuk artikel ilmiah;                
KK5 Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan kajian terhadap masalah mutu, relevansi dan akses di bidang pendidikan dalam penyelenggaraan kelas, laboratorium fisika dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya.                
KK6 Mampu mengelola sumberdaya dan aktivitas yang mencakup penyelenggaraan kelas, laboratorium fisika dan lembaga pendidikan secara komprehensif.              
KETRAMPILAN UMUM
KU1 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang pendidikan fisika;                
KU2 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, melakukan pengaturan diri (self regulation), bermutu, dan terukur;                
KU3 Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang pendidikan fisika berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, dan desain;              
KU4 Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;                
KU5 Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang pendidikan fisika, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;                
KU6 Mampu memelihara dan mengembangkan jejaring kerja secara kolaboratif dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;                
KU7 Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;                
KU8 Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;                
KU9 Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.              
KU10 Mampu menemukan cara belajar yang tepat sesuai dengan sikap dan persepsinya terhadap belajar                

 

 

 

 

Tabel Matrik Analisis Bahan Kajian (Pembentuk Mata Kuliah)

Capaian Pembelajaran Program Studi/

Program Learning Outcome (PLO)

Capaian Pembelajaran Perkuliahan/

Course Learning Outcome (CLO)

Bahan Kajian (BK)
INTI KEILMUAN PENDUKUNG KEILMUAN
Keilmuan Fisika Pedagogi Penelitian Pend. Fisika Wawasan Sains Tools: Mat & Bhs Teknologi Etika Moral dan SosBud Kewira-usahaan Penciri Prodi
1 2 3 4 5 6 7 8 9
PROFIL: CALON GURU FISIKA
Menguasai konsep dasar kependidikan yang mencakup perkembangan peserta didik, teori-teori belajar, hakikat sains dan pola pikir ilmiah; (P1)

 

Menguasai perkembangan dan karakteristik peserta didik   12, 48, 10              
Menguasai teori-teori belajar   6              
Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran fisika berbasis aktivitas belajar untuk mengembangkan kemampuan berfikir sesuai dengan karakteristik materi fisika, dan sikap ilmiah sesuai dengan karakteristik siswa pada  pembelajaran kurikuler, kokurikuler dan ekstra kurikuler  dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar berbasis ilmu pengetahuan, teknologi yang kontekstual  dan lingkungan sekitar; (KK1) Memahami hakikat fisika dan pendidikan fisika 8, 45, 45, 47   8          
Menguasai cara/pola berpikir ilmiah 45 45, 47, 48              
40, 40,4949 Menguasai strategi/model/metode pembelajaran inovatif berorientasi life skills dalam pembelajaran fisika 45 42, 45, 47         42   40, 49
Mengidentifikasi karakteristik materi fisika sekolah 16, 17 23, 45 45       49      
Mampu mengkaji dan menerapkan berbagai metode pembelajaran inovatif yang telah teruji; (KK2)

 

Merancang perangkat pembelajaran fisika berbasis aktivitas untuk mengembangkan kemampuan berpikir siswa 16, 17 23, 45 45, 47              
Mempraktekkanperangkatpembelajaran dalampembelajaran fisikadenganpeerteaching dan realteaching 16, 17 23, 45 42, 45, 47         42    
Menguasai standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses dan standar penilaian untuk pendidikan fisika di sekolah menengah; (P3)

 

Menguasaikarakteristik,struktur,dankerangkakurikulumfisikasekolah 45 45              
Menguasaistandarkompetensi,standarisi,standarprosesdan standarpenilaian untukpendidikanfisikadisekolahmenengah 45, 60 43, 45, 60, 67              
MemahamikurikulumfisikaSMA 45, 60 45, 60              
Menguasai prinsip-prinsip penilaian dalam pembelajaran fisika untuk menganalisis kesulitan dan keberhasilan belajar siswa (melalui diagnosis, formatif, dan sumatif) serta memanfaatkan hasilnya untuk merancang pembelajaran Fisika sesuai karakteristik siswa; (P4) Menguasaiprinsip penilaiandalampembelajaran fisika 45, 60 43, 45, 60, 67,             40, 49
Mampu membimbing dan mengarahkan siswa dengan cara memberi pijakan, tanya jawab, memberikan alternatif solusi, dan umpan balik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan; (KK3)

 

Menganalisiskesulitan dankeberhasilan belajarsiswa(melaluidiagnosis,formatif,dan sumatif)sertamemanfaatkan hasilnyauntukmerancangpembelajaran yang lebih baiksesuaikarakteristiksiswa   43, 46       57      
Merancang penilaian dalampembelajaran fisika 16, 17 69 43, 46              
Menguasai prinsip-prinsip pengembangan media pembelajaran fisika berbasis ilmu pengetahuan, teknologi yang kontekstual, khususnya TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi), dan lingkungan sekitar; (P5)

 

Menguasaiprinsip-prinsippengembanganmediapembelajaran fisikaberbasisTIK 16, 17 69 16, 17 69       49, 57      
Merancangmediapembelajaran fisikaberbasisTIK 16, 17 69 43, 46       49, 57      
Menguasaiprinsip-prinsippengembanganmediapembelajaran fisikaberbasislingkungan sekitar 14, 16 17 45, 60       49, 57      
Merancangmediapembelajaran fisikaberbasislingkungan sekitar 14, 16 17 45, 46       49, 57      
Menguasai matematika, komputasi, dan instrumentasi untuk mendukung pemahaman konsep fisika; (P8)

 

Menguasaikonsepdasarmatematikauntukpenguasaan konsep fisika 15, 16 17                
Menguasai konsep fisika, pola pikir keilmuan fisika berdasarkan fenomena alam yang mendukung  pembelajaran fisika di sekolah; (P9)

 

Menguasaikonsep/prinsip/teori/hukum-hukumfisika(physicscontent knowledge)secaramendalam, khususnyapadatopik-topikyangmendasaribahankajian padakurikulum Fisika SMA 16, 17 20, 21 22, 23 24, 25 26, 27 28, 32 34, 35 38,     8          

 

Capaian Pembelajaran Program Studi/

Program Learning Outcome (PLO)

Capaian Pembelajaran Perkuliahan/

Course Learning Outcome (CLO)

Bahan Kajian (BK)
INTI KEILMUAN PENDUKUNG KEILMUAN
Keilmuan Fisika Pedagogi Penelitian Pend. Fisika Wawasan Sains Tools: Mat & Bhs Teknologi Etika Moral dan SosBud Kewira-usahaan Penciri Prodi
1 2 3 4 5 6 7 8 9
PROFIL: ASISTEN PENELITI BIDANG PENDIDIKAN FISIKA
Menguasai metode penelitian pendidikan fisika; (P6)

 

Menguasaimetodepenelitiankuatitatifdan /atau kualitatif dalam pemecahan permasalahan pembelajaran fisika   42, 46, 47 47   18, 58        
Mampu melakukan penelitian pendidikan fisika dalam bentuk pengkajian dan evaluasi pembelajaran fisika dengan pendekatan kuantitatif dan/atau kualitatif untuk memecahkan permasalahan pembelajaran fisika dan dilaporkan dalam bentuk artikel ilmiah; (KK4)

 

Merancangproposalpenelitianpendidikan fisika   42, 46, 47   5, 18 49      
Melakukan seminar proposal penelitian pendidikan fisika         5 49      
Membuatlaporan penelitianpendidikanfisika   19 19, 39   5, 18 49, 58 39    

 

 

Capaian Pembelajaran Program Studi/

Program Learning Outcome (PLO)

Capaian Pembelajaran Perkuliahan/

Course Learning Outcome (CLO)

Bahan Kajian (BK)
INTI KEILMUAN PENDUKUNG KEILMUAN
Keilmuan Fisika Pedagogi Penelitian Pend. Fisika Wawasan Sains Tools: Mat & Bhs Teknologi Etika Moral dan SosBud Kewira-usahaan Penciri Prodi
1 2 3 4 5 6 7 8 9
PROFIL: PENGELOLA INSTITUSI BIDANG PENDIDIKAN
Menguasaipengelolaansumberdayapadapenyelenggaraankelas,laboratoriumfisika dan lembagapendidikan. (P2) Menguasaipengelolaansumberdayapadapenyelenggaraankelas 58 42     5 55 4    
Mampu mengelola sumberdaya dan aktivitas yang mencakup penyelenggaraan kelas,laboratorium fisika, dan lembaga pendidikan secara komprehensif. Menguasaipengelolaansumberdayapadapenyelenggaraanlaboratoriumdan lembagapendidikan 40, 29, 58  46   35 5 29 4 3  
Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan kajian terhadap masalah mutu, relevansi dan akses di bidang pendidikan dalam penyelenggaraan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya.

 

Merancangsistempengelolaan penyelenggaraanlaboratoriumdan lembagapendidikan 40, 58  42, 46     5     3  

 

 

Capaian Pembelajaran Program Studi/

Program Learning Outcome (PLO)

Capaian Pembelajaran Perkuliahan/

Course Learning Outcome (CLO)

Bahan Kajian (BK)
INTI KEILMUAN PENDUKUNG KEILMUAN
Keilmuan Fisika Pedagogi Penelitian Pend. Fisika Wawasan Sains Tools: Mat & Bhs Teknologi Etika Moral dan SosBud Kewira-usahaan Penciri Prodi
1 2 3 4 5 6 7 8 9
PROFIL: WIRAUSAHAWAN
Menguasai prinsip-prinsip kewirausahaan                 9  
Mampu mengelola sumberdaya dan aktivitas yang mencakup penyelenggaraan kelas,laboratorium fisika, dan lembaga pendidikan secara komprehensif. Menguasai pengelolaansumberdayapadapenyelenggaraanlaboratoriumdan lembagapendidikan               9  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Capaian Pembelajaran Program Studi/

Program Learning Outcome (PLO)

Capaian Pembelajaran Perkuliahan/

Course Learning Outcome (CLO)

Bahan Kajian (BK)
INTI KEILMUAN PENDUKUNG KEILMUAN
Keilmuan Fisika Pedagogi Penelitian Pend. Fisika Wawasan Sains Tools: Mat & Bhs Teknologi Etika Moral dan SosBud Kewira-usahaan Penciri Prodi
1 2 3 4 5 6 7 8 9
PROFIL: PEBELAJAR
Menguasai konsep dasar kependidikan yang mencakup perkembangan peserta didik, teori-teori belajar, hakikat sains dan pola pikir ilmiah;.     48, 52              
Menguasai metode pembelajaran inovatif yang berorientasi kecakapan personal, sosial dan akademik (life skill) pada pembelajaran fisika ;

 

Mampu mengkaji dan menerapkan berbagai metode pembelajaran inovatif yang telah teruji

 

    47              
Menguasai standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses dan standar penilaian untuk pendidikan fisika di sekolah menengah;

 

    46              

Alamat :

Gedung D Lt.3 FKIP UNS Jl.Ir.Sutami No.36A. Surakarta 

Kode Pos 57126. Telp./Fax. : (0271) 648939, 669124

E-mail : pendidikanfisika01@yahoo.com


    

Media Sosial Pendidikan Fisika

Copyright © 2013. Pendidikan Fisika. All Rights Reserved.