Kode (CPL) | Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) | Kode (CPL) | Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) |
| Sikap | | Keterampilan Umum |
S1 | Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius. | KU1 | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang pendidikan fisika; |
S2 | Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika. | KU2 | Mampu menunjukkan kinerja mandiri, melakukan pengaturan diri (self regulation), bermutu, dan terukur; |
S3 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. | KU3 | Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang pendidikan fisika berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, dan desain atau kritik seni. |
S4 | Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa | KU4 | Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi; |
S5 | Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinil orang lain. | KU5 | Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang pendidikan fisika, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; |
S6 | Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan bernegara | KU6 | Mampu memelihara dan mengembangkan jejaring kerja secara kolaboratif dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya; |
S7 | Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. | KU7 | Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya; |
S8 | Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. | KU8 | Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; |
S9 | Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri | KU9 | Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi |
S10 | Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan | KU10 | Mampu beradaptasi, bekerja sama, berkreasi, berkontribusi, dan berinovasi dalam menerapkan ilmu pengetahuan pada kehidupan bermasyarakat serta mampu berperan sebagai warga dunia yang berwawasan global |
S11 | Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik dengan dilandasi oleh nilai-nilai kearifan lokal dan akhlak mulia serta memiliki motivasi untuk berbuat bagi kemaslahatan peserta didik dan masyarakat pada umumnya | KU11 | Mampu menegakkan integritas akademik secara umum dan mencegah terjadinya praktik plagiarism |
| | KU12 | Mampu menggunakan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang pendidikan fisika; |
| | KU13 | Mampu menggunakan minimal satu bahasa internasional untuk komunikasi lisan dan tulis |
| Pengetahuan | | Keterampilan Khusus |
P1 | Menguasai konsep teoretis fisika klasik dan modern (kuantum) secara umum; | KK1 | Mampu memanfaatkan keilmuan fisika dalam kehidupan sehari-hari khususnya dalam aspek kesehatan, keamanan dan kelestarian lingkungan dan sumber daya alam; |
P2 | Menguasai konsep umum, prinsip, dan aplikasi matematika, komputasi, dan fisika instrumentasi ; | KK2 | Mampu merancang dan mengimplementasikan ide promotif berbasis keilmuan fisika yang secara positif mendukung upaya pelestarian sumber daya alam dan lingkungan kepada masyarakat umum atau pemangku kepentingan khusus, dengan memanfaatkan teknologi informasi dan media komunikasi yang relevan |
P3 | Menguasai pengetahuan operasional lengkap tentang fungsi, cara mengoperasikan instrumen fisika yang umum dan yang khusus untuk proses pembelajaran; | KK3 | Mampu melakukan edukasi terkait dengan penerapan keilmuan fisika kepada pemangku kepentingan yang relevan secara efektif dengan memanfaatkan teknologi informasi dan media komunikasi yang relevan, dengan proses, luaran (output), dan capaian (outcomes) yang sesuai dengan standar pendidikan yang berlaku |
P4 | Menguasai prinsip, karakteristik, fungsi, dan aplikasi piranti lunak pada bidang fisika; | KK4 | Mampu mengkritik penerapan kebijakan di bidang pendidikan fisika dan dituangkan dalam kertas kerja ilmiah |
P5 | Menguasai konsep teoretis pedagogi fisika (pedagogical content knowledge in physics) secara mendalam minimal mencakup perencanaan pembelajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum berbasis pada: pengalaman (experiential learning); pembelajaran mandiri (self-regulated learning); yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran bidang studi, tujuan pembelajaran, dan karakteristik siswa sebagai sarana pencapaian tujuan pembelajaran secara utuh; | KK5 | Mampu menghasilkan lulusan sekolah menengah atas yang menguasai pengetahuan fisika dan memiliki keterampilan mengaplikasikan pengetahuan fisika dalam kehidupan sehari- hari setara dengan kualifikasi level 2 KKNI dan sesuai dengan standar kompetensi lulusan sekolah yang berlaku |
P6 | Menguasai konsep teoretis psikologi pendidikan dan perkembangan peserta didik yang meliputi aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial budaya secara umum | KK6 | Mampu menyusun perangkat pembelajaran fisika yang sesuai dengan kebutuhan pengguna (sekolah menengah dan masyarakat umum) secara mandiri dengan menggunakan: pendekatan saintifik; prinsip desain instruksional; analisis materi subjek; potensi sumber daya di lingkungan setempat; teknologi yang relevan; prinsip K3L |
P7 | Menguasai konsep teoretis secara umum, prinsip, metode, dan teknik: analisis, adaptasi dan pengembangan materi dan media pembelajaran; pengelolaan kelas; pendampingan peserta didik; praktik reflektif (reflective practice); penelitian kependidikan; | KK7 | Mampu menganalisis masalah, menemukan sumber masalah, dan menyelesaikan masalah instrumentasi fisika dalam proses pembelajaran fisika dan masalah manajemen laboratorium fisika sesuai dengan kaidah keilmuan fisika. |
P8 | Menguasai konsep teoretis pendidikan inklusi, pendidikan dan pembelajaran anak berkebutuhan khusus (ortopedagogik dan ortodidaktik), meliputi: pendidikan anak berkesulitan belajar, pendidikan anak dengan hambatan penglihatan, pendidikan anak dengan hambatan pendengaran, pendidikan anak dengan hambatan fisik dan motorik, dan pendidikan anak dengan hambatan intelektual secara umum; | KK8 | Mampu menganalisis dan mengusulkan berbagai solusi alternatif yang ada terhadap permasalahan media belajar fisika dan masalah manajemen laboratorium fisika, serta menyimpulkannya untuk pengambilan keputusan yang tepat; |
P9 | Menguasai konsep umum dan prinsip manajemen (perencanaan, operasional, pengawasan, evaluasi, dan perbaikan) laboratorium Fisika untuk sekolah | KK9 | Mampu meningkatkan kualitas, efektivitas, dan efisiensi perangkat pembelajaran fisika secara mandiri dengan menggunakan kaidah keilmuan dan prinsip-prinsip inovasi;. |
P10 | Menguasai prinsip dan teknik penggunaan teknologi informasi dan komunikasi di dalam pembelajaran fisika | KK10 | Mampu mempromosikan pentingnya pembelajaran fisika bagi siswa, orang tua siswa, maupun masyarakat umum dengan menggunakan media komunikasi konvensional atau mutakhir yang efektif dan relevan bagi sasaran |
P11 | Menguasai pengetahuan faktual tentang peraturan perundangan pendidikan dan keguruan yang berlaku | KK11 | Mampu melaksanakan pembelajaran fisika sekolah menengah dengan pendekatan saintifik sesuai dengan karakteristik materi dan karakteristik siswa agar mampu mengembangkan kemampuan berfikir dan sikap ilmiah |
P12 | Menguasai konsep integritas akademik secara umum dan konsep plagiarisme secara khusus, dalam hal jenis plagiarisme, konsekuensi pelanggaran dan upaya pencegahannya | KK12 | Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya dalam penyelenggaraan kelas dan penggunaan laboratorium untuk pembelajaran Fisika |
| | KK13 | Mampu melaksanakan kegiatan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar yang sahih, andal, obyektif, dan praktis (sesuai dengan karakteristik pembelajaran Fisika), yang meliputi: penentuan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi; penentuan prosedur sesuai dengan tujuan penilaian dan evaluasi; pengembangan teknik dan instrumen penilaian dan evaluasi; pelaksanaan evaluasi sesuai prosedur, teknik, dan instrument yang ditentukan; pelaksanaan proses moderasi penilaian; analisis hasil penilaian proses dan hasil belajar untuk berbagai tujuan; pengadministrasian penilaian proses dan hasil belajar secara berkesinambungan |
| | KK14 | Mampu melakukan analisis reflektif terhadap pembelajaran (melalui pengamatan dan umpan balik dari peserta didik, orangtua peserta didik, serta rekan sejawat) untuk peningkatan kualitas pembelajaran |
| | KK15 | Mampu melakukan ragam penelitian kependidikan dengan pendekatan kuantitatif dan/atau kualitatif untuk menyelesaikan masalah pembelajaran fisika dan membuat laporan hasil penelitian dalam bentuk artikel ilmiah |
| | KK16 | Mampu melakukan pendampingan peserta didik dengan mempertimbangkan aspek sosio-kultural, serta bekerjasama dengan pihak-pihak yang berkaitan (orang tua dan teman-teman peserta didik, masyarakat sekitar, serta guru sejawat); |
| | KK17 | Mampu mengidentifikasi potensi peserta didik di tengah kekhususannya dan menyusun rancangan serta melaksanakan pola pengembangan potensi untuk beradaptasi dengan lingkungan sesuai keadaan khusus yang dimiliki melalui intervensi motivasional dan instruksional sebagai bekal untuk hidup mandiri atau merekomendasikan pola pendidikan untuk anak dengan kebutuhan belajar khusus (exceptional learning need) untuk mendapatkan pendidikan yang layak sesuai dengan keadaan khusus yang dimiliki; |